Kamis, 27 Maret 2014

Sensasi Nila



assalamualaikum...

Biasanya emak-emak di rumah suka bingung ya mau masak apa...biasanya kalau lagi ga ada ide mau bikin apa, pasti lihat-lihat isi kulkas ada stok apa saja..terus menimbang-nimbang si anak sukanya apa..atau ingat permintaan suami mau masakan apa..atau mengingat-ingat resep masakan yang mau dicoba biar variatif..hihihi.. Jadi emak rumah tangga ga gampang yaa..siapa bilang ga musti mikir..lah itu mau masak saja harus mikir juga kan.. 
Kalau aku sih biasanya *kalo rajin masak* tergantung mood saja atau lihat sikon saja.. Seperti tadi nih mau makan malam..ingat kalau ada stok ikan nila di kulkas. Awalnya sih pengen dimasak yang paling gampang. Digoreng. Tapi kok ya tiba-tiba berubah pikiran.. Mumpung lagi nyalain laptop dan konek ke internet, langsung deh gugling mencari resep olahan ikan nila yang berkuah ga berat, rasanya segar.. Iyaa..jadi pengen semacam sup ikan gitu deh.. Setelah gugling, ketemu resep ikan mujair kuah asam pedas. Hhmm..kayanya enak deh..resepnya juga ga pake ribet..kebetulan stok bumbu juga masih lengkap.. Siip lah..
Katanya sih ya kalau mau bikin masakan berbahan ikan dan berkuah, harusnya memakai ikan segar. Biar ga terlalu amis. Benar juga..karena kalau ikan yang sudah lama disimpan tentu kesegarannya akan berkurang dan amisnya mungkin juga bertambah. Ah..tapi aku lagi pengen masak stok ikan nila itu...dan harus berkuah..biarpun agak amis, yaa perbanyak bumbunya saja...hihihi...*asli ngeyel yaa
Baiklah...sudah mengintip resepnya..lalu kerjakan. Bahan utamanya ya pastinya ikan nila ya.. Bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, lengkuas, daun salam dan serai. Karena mau cepat dan males ngulek, pakai blender saja lah.. Tambahannya adalah tomat dan cabai yang dipotong-potong..
Caranya gampang.. 
1) haluskan semua bumbu tersebut kecuali daun salam dan serai yang digeprek. Aku tidak mencampurkan air untuk memblendernya, tapi ganti pakai minyak goreng.. Tips dari koki di teve juga sih.. 
2) kemudian, setelah bumbu-bumbunya halus, tumis bersama daun salam dan serai hingga harum..
3) kalau sudah harum, masukkan air kurang lebih dua gelas..atau secukupnya saja...asal jangan terlalu banyak..nanti bumbunya malah ga terasa..tambahkan gula dan garam sesuai selera..
4) setelah kuahnya mendidih, masukkan ikan, tomat dan cabai.. masak hingga ikan matang.. koreksi rasa ya..barangkali masih perlu tambahan gula atau garam.. atau mungkin mau menambah cabai biar lebih pedas juga boleh.. atau kalau masih kurang asam bisa ditambahkan tomat atau air asam jawa sedikit saja.. Aku tadi sih begitu..tambah tomat, cabai rawit dan sedikit air asam jawa.
5) ikan nila kuah pedas siap disajikan..gampang kan..
Oh iya.. jangan memasak ikan terlalu lama..nanti malah hancur..kalau sudah matang, angkat dan sajikan bersama nasi hangat.. Rasanya segar..karena di kuahnya ada sensasi asam dan pedas yang menggugah selera dan menggoyang lidah.. Kalau aku memang doyan masakan berkuah sih yaa..jadinya sukaaa olahan begini. 
Ikan nila yang aku masak ini memang sedikit amis..karena memang kondisinya sudah disimpan di kulkas beberapa hari..hehe..tapi hasilnya tadi tidak mengecewakan kok..dan untuk mengurangi amisnya, aku sempat melumuri ikan nila dengan air asam jawa..bukan pakai jeruk nipis atau jahe..lumayan mengurangi amis meskipun cuma sebentar.. Rasanya tetap enaaakk...beneraaann.. 

Ga percaya?? Ini penampakannya looh.. *sodorin mangkuk*

Ikan nila kuah pedas

Nah..itu dia hasil olahan ikan nila kuah pedas...mau diganti ikan mas, mujair, gurame atau ikan yang lain juga bisa...yang penting, selamat mencobaaa.. 
http://eemoticons.net

1 komentar:

Keke Naima mengatakan...

maknyuss kayaknya, seger :)